√Kojic Acid andalan memutihkan kulit

  • Whatsapp

Bicara soal perawatan kulit, kini sedang tren pencerah kulit yang alami dengan menggunakan asam kojic atau kojic acid.

Dari sekian banyak produk perawatan kulit yang ada, produk dengan klaim mencerahkan masih jadi yang sangat besar peminatnya. Alasannya, mempunyai tampilan kulit yang cerah memang jadi idaman untuk banyak wanita maupun pria. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan banyaknya produk skin care berlabel brightening  dan whitening yang dapat ditemui di pasaran.

Di antara sekian banyaknya kandungan untuk mencerahkan kulit, kojic acid jadi salah satu yang lumayan sering ditemui.

 

Apa itu Kojic Acid ?

Asam kojic merupakan zat bercorak putih yang menyamai tepung. Bahan ini terdiri dari kristal- kristal kecil yang diperoleh dari jamur. Pemakaian asam kojic buat produk perawatan kulit mulai dilakukan semenjak tahun 1989. Kojic acid sendiri awal mulanya dipopulerkan serta dikembangkan oleh para ilmuan Jepang.

 

Mengapa Kojic Acid digunakan dalam perawatan kulit ?

Asam kojic dipercaya bisa mencerahkan kulit dan menyembuhkan jerawat, penuaan dini, dan bisa melenyapkan tanda hiperpigmentasi. Oleh karenanya, asam kojic jadi bahan utama dalam bermacam produk kecantikan salah satunya yaitu sabun.

Apa manfaat kojic acid untuk  kulit ?

Kojic acid digunakan dalam produk sabun kecantikan dengan khasiat sebagai berikut:

Mencerahkan, Menghilangkan  tanda hiperpigmentasi, seperti  jerawat, bercak- bercak  akibat penuaan, lingkaran hitam di bawah mata, serta noda hitam pada kulit wajah.

Melasma merupakan kendala kulit yang sangat universal pada perempuan dengan kulit yang hitam, Pemicunya biasanya akibat  paparan cahaya matahari berlebih, kehamilan serta pemakaian hormon tambahan, semacam kapsul KB serta pengobatan pergantian hormon.

Hasil dari pemakaian kojic acid tergantung dari konsentrasi bahan aktif di dalam produk, bisa seminggu sampai bulanan, hingga betul- betul menampilkan hasil. Pada tipe kulit berminyak, mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama dan pemakaian yang lebih sering untuk memperoleh kulit lebih putih dan cerah.

Tidak cuma berguna untuk wajah, sabun yang berbahan asam kojic ini bisa pula dipergunakan buat mencerahkan warna kulit pada berbagai bagian tubuh, misalnya bagian bawah lengan, lutut, leher, siku, tangan, serta kaki.

 

Bagaimana penggunaan Kojic Acid?

Asam kojic biasanya ditemui dalam produk sabun kosmetik bersama- sama dengan bahan lain, bukan sebagai bahan tunggal. Perihal ini disebabkan senyawa asam kojic bersifat tidak stabil pada saat digunakan dalam produk sabun kosmetik. Bila tidak dipadukan dengan zat- zat tambahan lain, asam kojic berpotensi berganti corak jadi cokelat.

Buat produk sabun yang bertujuan mencerahkan warna kulit akibat hiperpigmentasi, umumnya sabun berbahan asam kojic digunakan secara bersamaan dengan asam glikolat atau sejenisnya.

Dosis yang dianjurkan relatif kecil, dengan konsentrasi maksimum sebesar 1%. Namun untuk mengurangi kemungkinan efek samping, produk kosmetik pencerah kulit dapat menggunakan konsentrasi sekitar 0,2%.


Apakah penggunaan kojic acid aman bagi kulit ?

Sebagai pencerah kulit, asam kojic tidak bersifat karsinogenik, Sehingga sabun kosmetik yang menambahkan kojic acid sebagai komposisinya aman digunakan. Lebih aman daripada kosmetik pemutih lain yang mengandung hidruquinon didalamnya.

Kesimpulannya, sabun Kojic aman bagi kulit asal dengan kandungan yang sesuai dan wajar untuk digunakan sebagai komposisi sabun kosmetik.

Jadi kalau bahan sabun pencerahan kulit yang aman telah ada, mengapa harus mengambil resiko dengan bahan-bahan yang berbahaya?

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *